Sabtu

Eboostr merupakan sebuah tools yang dapat mengubah kinerja flashdisk menjadi sebuah RAM. Software Eboostr ini dapat mempercepat kinerja PC dengan bantuan Flashdisk. Cara kerjanya ruang kapasitas flashdisk dialokasikan untuk meningkatkan cache memori system sehingga kinerja PC jadi lebih cepat, semakin besar kapasitas flashdisk semakin bagus, mungkin ini bisa dijadikan alternatif untuk menambah memori karena harga flashdisk lebih murah dari RAM. Gunakan hingga empat perangkat flashdisk untuk mempercepat kinerja PC. Software ini dapat menambah kecepatan ke PC tanpa harus upgrade hardware.

Namun Perangkat USB hanya bisa berjalan cepat jika port USB pada komputer sudah versi 2.0, kalo belum speednya lambat dan kecepatan prosesnya juga berkurang. Untuk penambahan perangkat USB bisa ditambah hingga 4 perangkat yang bisa dipakai untuk ruang cache sekaligus. Ukuran cache pada setiap perangkat bisa mencapai maksimal 4 GB, kalo memakai NTFS ukurannya tidak terbatas.

Quote:
System requirements :

Windows 2000/XP/Vista/7/2008 Server
USB 2.0 port or an external card reader
USB 2.0 flash drive or memory card

Cara Memakai eBooster :
1. Download aplikasi eboostr4+krack besar file :4MB
2. Exctract file eBoostr4 anganku.tk.rar
3. Klik 2kali file eBoostr4_final_b554.exe
4. Install seperti biasa. Setelah terinstall restart komputer anda.
5. Klik Kanan –> Exit pada ebooster di system tray icon(gambar lingkaran warna hijau)
6. Setelah itu copy file eBoostrCP ditempat directory anda menginstall eboostr
7. Setelah itu Klik Edit –> add new cache device dan akan keluar gambar seperti dibawah ini
Quote: 



Di cache file location pilih tempat drive Flashdisk atau Pilih Drive HardDisk anda.
untuk catatan : jangan mengalokasikan 100% size memory anda, karena hal ini justru akan membuat komputer lelet.
8. Lalu build cache
9. Jika ingin menambah alokasi lagi silahkan ikuti cara – cara diatas
10. Selesai

Kamis


Senin

Tulisan ini untuk melanjutkan tulisan saya sebelumnya “Manipulasi MySQL dengan Netbeans“. Saya merasa perlu menunjukan mudahnya untuk membuat aplikasi database sederhana menggunakan Netbeans. Berikut langkah-langkahnyaPra-syarat: Baca posting saya tentang Manipulasi MySQL dengan Netbeans
  • Pada Netbeans IDE pilih menu File-New Project
  • Pada Window New Project pilih Categories General dan Project Java Application, kemudian pilih Next.
  • Buatlah project di Netbeans dengan nama misalnya dbapp, kemudian pilih Finish




  • Pada project yang telah terbentuk, klik kanan pada Libraries pilih Add Jar/Folder…
  • Carilah lokasi MySQL Connector 
  • MySQL Connector sudah ditambahkan ke project.
  • Sampai disini kita sudah siap untuk membuat aplikasinya. Klik kanan pada nama proejct dbapp, pilih New-Java Class…
  • Pada window New Class, ketik Person pada Class Name dan db.app pada Package kemudian Finish.
  • Ubahlah source Person.java menjadi sbb:

package db.app;

public class Person {
private int id;
private String nama;
private String alamat;
private String telp;
/** Creates a new instance of Person */
public Person() {
}
public int getId() {
return id;
}
public void setId(int id) {
this.id = id;
}
public String getNama() {
return nama;
}
public void setNama(String nama) {
this.nama = nama;
}
public String getAlamat() {
return alamat;
}
public void setAlamat(String alamat) {
this.alamat = alamat;
}
public String getTelp() {
return telp;
}
public void setTelp(String telp) {
this.telp = telp;
}
}
  • Tambahkan lagi Class lain dengan nama PersonManager, dan ubahlah sourcenya menjadi sbb:

package db.app;

import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.ResultSet;
import java.sql.Statement;
import java.util.ArrayList;
import java.util.List;
/**
*
* @author hendro
*/
public class PersonManager {
Connection con = null;
Statement st = null;
String url = “jdbc:mysql://localhost:3306/dbtest”;
String user = “tes”;
String pass = “tes”;
/** Creates a new instance of PersonManager */
public PersonManager() {
try{
Class.forName(“com.mysql.jdbc.Driver”).newInstance();
con = DriverManager.getConnection(url,user,pass);
st=con.createStatement();
}catch(Exception ex){
ex.printStackTrace();
}
}
public List
getPersons(){
ResultSet rs = null;
List
persons = new ArrayList
();
try{
rs = st.executeQuery(“SELECT ID,NAMA,ALAMAT,TELP FROM tperson”);
while(rs.next()){
Person p = new Person();
p.setId(rs.getInt(1));
p.setNama(rs.getString(2));
p.setAlamat(rs.getString(3));
p.setTelp(rs.getString(4));
persons.add(p);
}
}catch(Exception ex){
ex.printStackTrace();
}
return persons;
}
public int insert(Person p){
int result = 0;
try{
result = st.executeUpdate(“INSERT INTO tperson(id,nama,alamat,telp) ” +
“VALUES(“+p.getId()+”,’”+p.getNama()+”‘,’”+p.getAlamat()+”‘,” +
“‘”+p.getTelp()+”‘)”);
}catch(Exception ex){
ex.printStackTrace();
}
return result;
}
public int delete(Person p){
int result = 0;
try{
result = st.executeUpdate(“DELETE FROM tperson WHERE ID=”+p.getId()+”");
}catch(Exception ex){
ex.printStackTrace();
}
return result;
}
}
  • Selanjutnya kita akan membuat user Interfacenya menggunakan Swing (Netbean matisse). Tambahkan JFrame Form… dengan Class Name MyWindow dan desainlah tampilannya menjadi sbb:
  • Silahkan baca tulisan saya sebelumnya tentang Membangun GUI dengan Netbeans
  • Untuk masing-masing component pada Form di atas diganti namanya menjadi sbb. Untuk mengganti nama masing-masing component klik kanan pada component yang diinginkan.
  • text ID –> txtId
  • text NAMA –> txtNama
  • text ALAMAT –> txtAlamat
  • text TELP –> txtTelp
  • Tombol << –> btnPrev
  • Tombol >> –> btnNext
  • Tombol Baru –> btnNew
  • Tombol Simpan –>btnSave
  • Tombol Hapus–> btnDelete
  • Untuk setiap Text yang ada atur property Editablenya menjadi false (dengan melepas centangan pada Propertiesbar).
  • Selanjutnya tambahkan event untuk masing-masing tombol (Baca tulisan saya mengenai Membangun GUI dengan Netbeans)
  • Berikut kode pada Tombol btnNew

private void btnNewActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
txtId.setText("");
txtNama.setText("");
txtAlamat.setText("");
txtTelp.setText("");
txtId.setEditable(true);
txtNama.setEditable(true);
txtAlamat.setEditable(true);
txtTelp.setEditable(true);
txtId.requestFocus();
}

  • Selanjutnya untuk tombol btnSave

private void btnSaveActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Person p = new Person();
p.setId(Integer.parseInt(txtId.getText()));
p.setNama(txtNama.getText());
p.setAlamat(txtAlamat.getText());
p.setTelp(txtTelp.getText());
if(pmgr.insert(p)>0){
loadData();
currentRow = persons.size()-1;
bindData();
JOptionPane.showMessageDialog(this,"Data berhasil disimpan","Informasi",
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
txtId.setEditable(false);
txtNama.setEditable(false);
txtAlamat.setEditable(false);
txtTelp.setEditable(false);
}else{
JOptionPane.showMessageDialog(this,"Data gagal disimpan","Informasi",
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}
}

  • Untuk tombol btnDelete

private void btnDeleteActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Person p = persons.get(currentRow);
if(pmgr.delete(p)>0){
loadData();
currentRow = currentRow-1;
bindData();
JOptionPane.showMessageDialog(this,"Data berhasil dihapus","Informasi",
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}else{
JOptionPane.showMessageDialog(this,"Data gagal dihapus","Informasi",
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}
}

  • Untuk tombol btnPrev

private void btnPrevActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
if(currentRow>0){
--currentRow;
}
bindData();
}

  • Untuk tombol btnNext

private void btnNextActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
if(currentRow

++currentRow;
}
bindData();
}
  • Kemudian tambahkan beberapa variabel berikut pada Class MyWindow.java
PersonManager pmgr = new PersonManager();
List<Person> persons = new ArrayList<Person>();
int currentRow = 0;
  • Dan tambahkan 2 method berikut pada Class MyWindow.java

private void loadData(){
persons = pmgr.getPersons();
}
private void bindData(){
if(persons.size()>0){
Person p = persons.get(currentRow);
txtId.setText(p.getId()+"");
txtNama.setText(p.getNama());
txtAlamat.setText(p.getAlamat());
txtTelp.setText(p.getTelp());
}else{
currentRow = 0;
txtId.setText("");
txtNama.setText("");
txtAlamat.setText("");
txtTelp.setText("");
}
}

  • Dan yang terakhir ubahlah Constructor Calss MyWindow.java menjadi
public MyWindow() {
initComponents();
loadData();
bindData();
}
  • Sampai disini kita sudah menyelesaikan aplikasi database sederhana ini, silahkan dicoba untuk dijalankan.  

                                  



Selamat Mencoba dan semoga sukses kawan




Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!